Rabu, 21 September 2011

RANGKUMAN- E- COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL


RANGKUMAN 
Chapter 9: 
E - COMMERCE:  Pasar Digital, Barang Digital
E-commerce yang dimulai sejak tahun 1995 adalah   merupakan suatu  jenis  dari  mekanisme  bisnis  secar elektronik  yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer).   Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce  untuk  meningkatkan  kinerja  dan  eksistensi  dalam  bisnis  inti.    Dengan aplikasi e-commerce,  seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door to  door, one-to-one relationship).  Maka  e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui  medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya.  Membangun dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce  bukanlah  merupakan  prose instant,  namun  merupakan  transformasi strategi  dan  system  bisnis  yang  terus  berkembang  sejalan  dengan  perkembangan perusahaan dan teknologi.
Adapun Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
v   Presentasi elektronis (Pembuatn Web site) untuk produk dan layanan
v   Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
v   Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit)
v   Pembayaran dilakukan secara langsung (Online) dan penanganan transaksi
Langkah-langkah dalam strategi E-Commerce diantaranya :
v   Penetapan tujuan (mission)
v   Keputusan tentang anggaran (money)
v   Keputusan pesan (message)
v   Penetapan media, dan
v   Evaluasi mengenai kampanye (measurement)
Konsep utama dalam E-commerce adalah:
v   Internet mengurangi asimetri (ketimpangan) informasi.
v   Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu yang lebih rendah, diskriminasi harga dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis disesuaikan dengan kondisi pasar.
v   Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan.


Teknologi E-Commerce memillliki 7 (tujuh) kelebihan yaitu:
1.       Teknologi e-commerce terdapat dimana-mana:   Teknologi e-commerce ini tersedia dimana saja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet.
2.       Teknologi e-commerce diterapkan secara global:   Teknologi e-commmerce memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budayadengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang lebih efektif daripada dalam kerangka perdagangan yang tradisional.
3.       Teknologi e-commerce dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara di dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari satu negara ke nagara lainnya.
4.       Teknologi e-commerce menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks, vidio, dan audio, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan yang tradisional, seperti radio, televisi, atau majalah.
5.       Teknologi e-commerce sifatnya interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global.
6.       Teknologi e-commerce meningkatkan kepadatan informasi:   Teknologi e-commerce membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan, dimana jutaan orang dapat salingg bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara langsung dan cepat. Pasar digital dikatakan lebih transparan dibandingkan pasar tradisional. Pasar digital lebih fleksibel dan efisien, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk mengubah banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli, tanpa harus melalui perantara seperti distributor atu toko eceran. Barang digital adalah barang seperti musik, vidio, peranti lunak,koran, majalah dan buku, yang dapat disampaikan melalui jaringan digital.  
         Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan,pengiriman dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara baru melalui menambah nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru.
7.       Personalisasi/penyesuaian.   Teknologi ini memungkinkan pesan yang bersifat pribadi dikirimkan ke perorangan, juga ke kelompok, atau dengan kata lain efektif dan efisien.
E-commerce memiliki tiga (3) jenis utama yaitu:
v   B2C ( Bisnis ke konsumen):  adalah melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.  Barnesandnoble.com yang menjualkan buku, peranti lunak, dan musik kepada konsumen perorangan, adalah contoh e-commerce B2C atau dengan kata lain menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik
v   B2B ( Bisnis ke bisnis):   adalah melibatan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.  Situs Web chemConnect merupakan situs untuk membeli dan menjual gas alam cair, bahan baku baker, bahan kimia, dan plastic.  Situs ini merupakan contoh dari E-Commerce B2B
v   C2C ( Konsumen ke konsumen):   adalah   melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.  Sebagai contoh, eBay, situs lelang Web raksasa, memunkinkan orang-orang menjual brang mereka ke konsumen lain dengan melelangnya kepada penawar tertinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar