Sabtu, 24 September 2011

RANGKUMAN BAB II - MENGELOLA PENGETAHUAN


RINGKASAN BAB 11

MENGELOLA PENGETAHUAN

Terdapat perbedaan antara data, informasi, pengetahuan dan kebijaksanaan.  Data merupakan aliran kejadian atau transaksi yang dicatat oleh system suatu organisasi dan bermanfaat hanya dalam transaksi itu sendiri, dan tidak untuk yang lainnya.  Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menyusun data kedalam kategori-kategori yang mudah digunakan.  Misalnya, total penjualan dibagi menjadi perbulan, per hari, per daerah atau bedasarkan laporan pertoko.  Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan (knowledge),  perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan dan konteks dimana pengetahuan tersebut berguna.  Terakhir, kebijaksanaan (wisdom) adalah pemikiranperorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Kebijaksanaan mencakup kapan, dimana, dan bagaimana pengetahuan di terapkan.

Pengetahuan merupakan sifat individual sekalugus sifat kelektif dari suatu perusahaan atau suatu asset yang tidak berwujud.  Pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis, yang terjadi dalam pikiran manusia.   Suatu data akan menjadi pengetahuan dan informasi yang berguna memerlukan penggunaan sumberdaya operasional.    Manajemen Pengetahuan (knowlelge Management) adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan dan memindahkan dan menerapkan pengetahuan. Manajemen pengetahuan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mempelajari lingkungan sekitar dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam proses bisnisnya.   Pengetahuan yang terekam dalam pikiran karyawan dan belum terdokumentasikan disebut pengetahuan yang tersirat (tacit knowledge) dan pengetahuan yang sudah didokumentasikan disebut pengertahuan eksplisit (explicit knowledge).

DIMENSI PENGETAHAUAN YANG PENTING
DIMENSI PENTING PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH ASSET PERUSAHAAN
*      Pengetahuan adalah asset yang tidak berwujud
*      Perubahan data menjadi pengetahuan dan informasi yang berguna memerlukan penggunaan sumberdaya operasional.
*      Pengetahuan tidak mengikuti hukum hasil lebih yang semakin berkurang (law of diminishing return) yang berlaku untuk asset fisik, tetapi justru mengalami dampak jaringan: nilainya akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya pengetahuan tersebut digunakan oleh orang lain.
PENGETAHUAN ADA DALAM BERBAGAI BERBAGAI BENTUK
*      Pengetahuan dapat bersifat tersirat namun juga dapat bersifat eksplisit
*      Pengetahuan meliputi cara melakukan sesuatu, ketrampilan dan keahlian.
*      Pengetahuan meliputi cara mengikuti suatu prosedur
*      Pengetahuan meliputi alasan mengapa, bukan sekedar kapan sesuatu terjadi (kausalitas)
PENGETAHAUN MEMILIKI LOKASI
*      Pengetahuan adalah peristiwa kognitif yang melibatkan model dan pemetaan pikiran orang.
*      Pengetahuan memiliki basis sosial dan individual.
*      Pengetahuan bersifat “melekat” (sulit digerakkan), letaknya menyatu dengan budaya perusahaan tertentu dan kontekstual (hanya tepat digunakan pada situasi tertentu)
PENGETAHAUAN BERSIFAT SITUASIONAL
*      Pengetahuan bersifat kondisional: mengetahui kapan saat menerapkan suatu prosedur sama pentingnya dengan mengetahui prosedur itu sendiri (kondisional)
*      Pengetahuan berkaitan dengan konteks: anda harus tahu bagaimana menggunakan perangkat tertentu dan pada situasi seperti apa anda dapat menggunakan perangkat tersebut.


RANTAI NILAI MANAJEMEN PENGETAHUAN
Manajemen Pengetahuan (knowledge management)  adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan dan menerapkan pengetahuan.   Manajemen pengetahuan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mempelajari lingkungan sekitar dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam proses bisnisnya.

PEMEROLEH PENGETAHUAN:    Organisasi memperoleh pengetahuan melalui beberapa cara, tergantung dari jenis pengetahuan yang dicarinya. organisasi memperoleh pengetahuan dengan mengembangkan jaringan online agar para karyawannya dapat menghubungi para pakar di perusahaan tersebut yang memiliki pengetahuannya.

PENYIMPANAN PENGETAHUAN:   Umumnya melibatkan proses pembuatan basis data. Sistem manajemen dokumen mengubah data ke dalam bentuk digital, menyusun indeks dan menandai dokumen-dokumen yang diperlukan berdasarkan kerangka kerja yang koheren dengan bentuk akhirnya suatu basis data yang dapat menyimpan berbagai dokumen.
PENYEBARAN PENGETAHUAN:    Serangkaian teknologi kolaborasi dan sistem perkantoran yang digunakan untuk berbagi agenda, dokumen, data dan grafik.
PENERAPAN PENGETAHUAN:    Pengetahuan baru harus dimasukkan ke dalam proses bisnis dan sistem aplikasi yang penting, termasuk aplikasi perusahaan yang mengelola proses bisnis internal dan hubungan dengan pihak luar.
MEMBANGUN MODAL ORGANISSI DAN MODAL MANAJEMEN: Kolaborasi, Komunitas  Praktik dan Lingkungan Perkantoran
Direktur Pengetahuan (chief knowledge officer – CKO) adalah eskekutif senior yang bertanggung jawab dalam program manajemen pengetahuan perusahaan.   Komunitas Praktik (community of practice – COP) adalah jaringan umum informal yang terdiri atas para profesional dan karyawan baik di dalam maupun di luar perusahaan dengan minat dan kegiatan yang sama.   COP dapat memudahkan orang dalam menggunakan kembali pengetahuan yang telqah digunakan sebelumnya dengan cara mengarahkan anggota komunitasnya kepada dokumen tertentu, menciptakan tempat penyimpanan dokumen, dan menyaring informasi untu para anggota baru.
JENIS SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN
-                System manajemen pengetahuan perusahaan adalah system serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan dan menerapkan pengetahuan dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital. System ini menyediakan basis data berikut perangkatnya untuk menyusun dan menyimpan dokumen terstruktur dan tidak terstruktur beserta objek pengetahuan lainnya.  
-                Sistem kerja pengetahuan (knowledge work Systems-KWS) adalah system yang dikembangkan khusus untuk para teknisi, ilmuwan dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang betugas memperoleh dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka.
-                Manajemen pengetahuan juga meliputi berbagai kelompok teknik cerdas (inteliegent techniques) seperti penggalian data, system canggih jaringan syaraf, logika fuzzy, algoritmegenetik dan agen inteligen. Teknik-teknik ini memiliki tujuan yang berbeda mulai dari focus pada menemukan pengetahuan baru (penggalian data dan jaringan saraf), pengolahan pengetahuan dalam bentuk aturan bagi program computer (system ahli dan logika fuzzy), sampai pada bagai mana mendapatkan solusi optimal untuk suatu masalah (algoritme genetic).

Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat. Beberapa sistem jaringan pengetahuan lebih jauh lagi menyusun solusi yang dikembangkan oleh para pakar sistematis kemudian menyimpan solusi tersebut dalam basis data pengetahuan sebagai praktik terbaik atau pertanyaan yang sering diajukan (FAQ).

Sistem realitas virtual memiliki kemampuan visualisasi, penerjemahan, dan simulasi yang jauh melebihi sistem desain dengan bantuan komputer. Sistem ini menggunakan peranti lunak grafis interaktif untuk mendapatkan simulasi buatan komputer yang sangat mirip dengan kenyataan hingga bahkan para pengguna hampir memercayai bahwa mereka dalam dunia nyata.
SISTIM PENGETAHAN TERSTRUKTUR
-   Sistem Pengetahuan Terstruktur melakukan fungsi implementasi penandaan dokumen, antarmuka dengan basis data perusahaan di mana dokumen di simpan, dan membuat portal perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan yang memerlukan pengetahuan perusahaan.
-      Sistem Pengetahuan SemiTerstruktur adalah seluruh informasi digital dalam suatu perusahaan yang tidak terdapat dalam dokumen atau laporan formal.
-      Taksonomi dan penandaan adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa sehingga informasi dan pengetahuan tersebut mudah diakses. Taksonomi adalah seperti daftar isi sebuah buku atau seperti sistem perpustakaan untuk mengklasifikasikan buku dan majalah menurut judul dan penulisannya.
-      Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat. Beberapa sistem jaringan pengetahuan lebih jauh lagi menyusun solusi yang dikembangkan oleh para pakar sistematis kemudian menyimpan solusi tersebut dalam basis data pengetahuan sebagai praktik terbaik atau pertanyaan yang sering dilontarkan (FAQ).
-      Desain berbantuan komputer (CAD) membuat proses penciptaan dan revisi rancangan menjadi otomatis, dengan menggunakan komputer dan peranti lunak grafis yang rumit.
-      Sistem realitas virtual memiliki kemampuan visualisasi, penerjemahan, dan simulasi yang jauh melebihi sistem desain dengan bantuan komputer. Sistem ini menggunakan peranti lunak grafis interaktif untuk mendapatkan simulasi buatan komputer yang sangat mirip dengan kenyataan hingga bahkan para penguna hampir memercayai bahwa mereka dalam dunia nyata.
        Aplikasi-aplikasi realitas virtual untuk web dikembangkan menggunakan standar yang disebut bahasa pemodelan realitas virtual (VRML). VRML adalah perangkat spesifik untuk model interaktif tiga dimensi dalam World Wide Wed yang dapat menangani berbagai jenis media, termasuk animasi, gambar dan audio, untuk menempatkan pengguna dalam lingkungan dunia nyata yang disimulasikan. VRML tidak memerlukan platform tertentu, bekerja pada komputer desktop dan membutuhkan bandwith yang kecil.
SISTEM KERJA PENGETAHUAN
Pekerja pengetahuan melakukan tiga peran kunci yang sangat penting bagi organisasi dan untuk manajer yang bekerja dalam organisasi:
Ø            Menjaga aliran pengetahuan dalam perusahaan seiring dengan perkembangan perusahaan dalam teknologi, sains, pemikiran sosial dan seni.
Ø            Bertugas melayani sebagai konsultan internal mengenai pengetahuan khusus mereka, berbagai perubahan yang terjadi dan kesempatan yang muncul.
Ø            Bertindak sebagai agen perubahan, mengevaluasi, merintis dan mendukung proyek, proyek perubahan.
Kebanyakan pekerja pengetahuan mengandalkan sistem perkantoran, seperti pengolah kata, voice mail, e-mail, konferensi video, dan sistem penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di kantor.
TEKNIS CERDAS
Kecerdasan buatan dan teknologi basis data memberikan sejumlah teknik cerdas yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi untuk ”menangkap” pengetahuan perorangan dan pengetahuan kolektif, serta mengembangkan pengetahuan tersebut. Sistem-sistem ahli, penalaran berbasis kasus, dan logika fuzzy digunakan untuk menangkap pengetahuan yang tersembunyi.
LOGIKA FUZZY:  dapat diartikan sebagai teknologi berbasis aturan yang dapat merepresentasikan ketidakpresisian seperti yang telah disebutkan, dengan menciptkan aturan yang menggunakan nilai subjektif atau nilai yang mendekati. Organisasi dapat menggunakan fuzzy untuk menciptakan sistem peranti lunak yang menangkap pengetahuan tersirat yang mengandung ambiguitas linguistik. Jaringan saraf tiruan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dan sulit dipahami, di mana sejumlah besar data mengenai masalah tersebut telah dikumpulkan. Jaringan saraf tiruan mencari pola dan hubungan dalam data yang sangat besar yang terlalu rumit dan sulit untuk dianalisis manusia.
JARINGAN SARAF TIRUAN (Nural Networks):   digunakan untuk menyelesaaikan masalah-masalah yang kompleks dan sulit dipahami, dimana sejumlah besar data mengenai masalah tersebut telah dikumpulkan.   Jaringan saraf tiruan mencari pola dan hubungan dalam data yang sangat besar yang terlalu rumit dan sulit untuk dianalisis manusia.
ALGORITME GENETIK:   berguna untuk mendapatkan solusi optimal untuk masalah spesifik dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah tersebut. Teknik pemecahan masalah dengan algoritme ini secara konsep berbasis pada metode bagaimana organisme hidup beradaptasi dengan lingkungannya.
TEKNOLOGI AGEN INTELIGEN:   dapat membantu para pebisnis menjelajahi data yang besar untuk menemukan dan mengambil tindakan informasi yang dianggap penting. Agen inteligen adalah program peranti lunak yang bekerja di latar belakang tanpa intervensi manusia secara langsung untuk menjalankan tugas-tugas yang spesifik, berulang dan dapat diprediksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar